Bakti Sosial, Panitia Nyepi Nasional Gelar Pengobatan Gratis Hingga Saka Yoga Festival di Candi Kedulan

Nasional40 Dilihat

Klaten – Panitia Nyepi Nasional bersama dengan Panitia Daerah melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan Pengobatan Gratis, pemberian bantuan sosial, serta pelaksanaan Saka Yoga Festival bertempat di pelataran Candi Kedulan Klaten Jawa Tengah, Sabtu (30/3/2024).

Dalam sambutannya, ketua Panitia Nyepi Nasional Brigjen. TNI. I Ketut Gede Wetan Pastia mengatakan bahwa rangkaian kegiatan di fokuskan di wilayah Desa Kedulan.

“Hari ini kita fokus di Desa Kedulan melaksanakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari pemberian bantuan sosial, bakti sosial pengobatan gratis. Selain itu dilaksanakan juga edukasi kesehatan mental kepada remaja remaja, Karang Taruna di area dusun kedulan, kemudian dilanjut sore hari ada saka yoga festival dan pada malam hari akan dilaksanakan piodalan di Candi Kedulan,” ungkapnya.

Kemudian, ia juga berharap kegitan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan hari ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat daerah Kedulan sebagai bentuk implementasi tri hita karana,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, wakil ketua umum Panitia Nasional Nyepi Gede Narayana mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi nyata pelayanan dan bakti kepada Tuhan.

“Kegiatan yang kita laksanakan hari ini adalah kegiatan yang kita harapkan akan mampu memberikan dampak nyata bagi masyarakat, karena seperti sloka yang kita pedomani “manava seva, madava seva” yang kurang lebih artinya melayani umat manusia adalah sama artinya kita melayani Tuhan. Nah tentu kegitan hari ini adalah implementasi nyata dari sloka di atas,” ungkapnya.

Ketua pelaksana bakti sosial, Drg. Nyoman Suarthanu mengatakan bahwa kegiatan semacam ini memang rutin di laksanakan setiap tahun oleh panitia nasional.

“Bakti sosial pengobatan gratis dan saka yoga festival merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan oleh panitia nasional dharma santih, kegiatan ini juga menjadi salah satu kegiatan yang selalu dinantikan karena langsung menyasar umat di kantong-kantong Hindu di wilayah pedesaan yang memang benar-benar membutuhkan,” ucapnya.

Sebagai penutup, Nur Kesawa selaku koordinator pelaksana daerah mengatakan bahwa kegitan ini di sambut antusias oleh umat dan warga.

“Kegiatan hari ini cukup disambut antusias oleh umat dan warga, terbukti bahwa pada baksos dan pengobatan gratis kuota cepat penuh dengan kehadiran umat dan warga berjumlah 200 peserta yang terdiri dari 75 internal umat Hindu dan 125 warga masyarakat. Kemudian untuk Saka Yoga Festival diikuti kurang lebih 400 peserta,” tutupnya

Seluruh rangkain berjalan dengan sangat baik dan lancar diikuti dengan tertib oleh seluruh pihak yang terlibat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *